Sunday, March 27, 2011

Memilih Material Dekoratif

Untuk mewujudkan rumah yang estetis dibutuhkan material bahan bangunan yag tepat, terutama pada lantai dan dinding. Material seperti keramik, parket, wallpaper dan cat, banyak digunakan untuk mendekor ulang.

Material Lantai
Di pasaran, keramik menjadi pioneer dalam menutup lantai. Selain terjangkau, varirasi motifnya pun terbilang banyak. Terbagi dua penutup lantai interior dan eksterior. Ciri fisik keduanya terletak pada permukaan keramik. Permukaan yang licin digunakan untuk interior, sebaliknya dipakai eksterior.
Keramik interior memiliki variasi motif, seperti batu alam, kayu dan lainnya. Ada juga keramik lantai yang didesain khusus dengan membuat pola tertentu, hasil penggabungan beberapa warna keramik. Material penutup lantai yang lain berupa lantai kayu atau parket. Motif yang terbentuk tergantung pada jenis kayu yang digunakan. Kini di pasaran banyak produk lantai kayu yang dihasilkan dari kayu olahan.

Material Dinding
Sama halnya seperti lantai, keramik dinding pun memiliki motif beragam. Bahkan tampilan lebih berani seperti bunga, abstrak, air, daun, foto dan sebagainya. Penggunaan keramik dinding biasanya sebagai aksen untuk menghidupkan suasana. Di kamar mandi atau dapur keramik dinding menjadi penutup dinding yang utama.

Bahan lain yang banyak digunakan menutup dinding, wallpaper. Material ini banyak dipakai pada area interior. Motif-motif yang dihasilkan lebih banyak lagi dan member kesan estetis yang dalam. Material wallpaper yang dipakai bisa berbahan kertas, kain, vinil dan lain-lain. Karena banyaknya motif wallpaper yang tersedia memungkinkan kita berkreasi dengan mudah. Hanya saja harganya relative mahal dan tidak bertahan lama. Terutama jika kondisi dinding sering terkena air yang menyebabkan kelembaban. Namun, wallpaper mudah dilepas bila suasana ruang sudah membosankan dan ingin menggantinya dengan tema lain.

Related Post :

No comments:

Post a Comment