Wednesday, November 24, 2010

Menata Ruang Kecil yang Indah

Memiliki ruang-ruang mungil di rumah bukanlah sebuah masalah, selama anda dapat mengorganisirnya dengan cermat. Dengan dekorasi yang tepat, ruang mungil bisa menjadi surga tersendiri bagi anda dan keluarga. Ruang yang mungil pun tampil kian cantik. Berikut adalah langkah-langkah untuk mewujudkannya.

Daftarlah kembali semua barang yang ada di ruangan anda
Mulailah berani untuk memutuskan barang-barang apa saja yang akan tampak di ruang mungil anda. Sebagus apapun penataan ruang, ruang yang lega dan nyaman tidak akan didapat jika jumlah barang memang berlebihan. Adanya beberapa barang berukuran kecil terasa penuh dan ruwet dibandingkan satu barang saja.

Gunakan material ringan dan tembus pandang
Jangan gunakan material seperti kayu berwarna gelap karena terkesan berat. Furnitur berbahan metal dengan struktur yang tipis jauh terasa lebih ringan dibandingkan dengan furnitur berbahan kayu yang tebal dan berat. Apalagi jika furnitur tersebut menghalangi pandangan sehingga ruang menjadi terpotong-potong dan tidak mennyatu. Penggunaan meja dan lemari kaca juga akan menjadikan ruang terasa lebih lega.

Warna-warna menerus
Gunakan satu warna yang menerus dan jangan masukkan warna kontras. Warna terang yang dipadu gelap, apalagi jika diaplikasikan berselang-seling, akan membuat ruang terkesan terpotong-potong dan terasa sempit. Dekatkan tone warna furniture dengan warna dinding dan lantai sehingga ruangan kita akan terasa menerus dan lebih lega.

Warna terang, lembut, dan polos
Warna-warna terang akan membuat objek dalam ruang terasa mundur menjauh di mata kita, sehingga ruang terasa meluas. Warna-warna tajam cendurung menusuk mata dan membuat kesan sempit pada ruang. Gunakan warna-warna lembut dan terang. Warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, coklat, atau warna-warna dingin seperti biru langit, dan hijau laut, mampu membuat susasana meluas. Hindari bahan bermotif besar dan dan mencolok. Motif polos jelas menjadikan ruang lebih terang dan meluas.

Bukaan pada dinding
Dinding adalah elemen vertikal yang sangat penting bagi penciptaan ruang. Keberadaannya dapat membuat ruang terasa menyempit atau meluas. Jika memungkinkan, buatlah bukaan pada dinding sehingga ruang terasa mengalir dan meluas ke ruang luar. Jika tidak memungkinkan, letakkan cermin besar di dinding. Cermin juga berfungsi sebagai bukaan palsu yang membuat luasan ruang terasa 2 kali lebih besar dari ukuran sesungguhnya.

Manfaatkan cahaya
Cahaya redup membuat ruang terasa sempit. Solusinya adalah menggunakan penerangan buatan yang cukup terang atau memasukkan sinar matahari sebanyak-banyaknya. Ganti gorden tebal dengan yang tipis atau gunakan blind yang tipis atau gunakan blind yang ramping dan mudah dibuka-tutup untuk menambah terang cahaya dalam ruang.

Selamat mencoba!!!Untuk tips lain silahkan klik disini

No comments:

Post a Comment