Tuesday, February 15, 2011

Memilih Pohon Besar untuk Rumah

Melihat dari kerimbunannya, pohon besar tidak hanya memberi keteduhan tetapi juga kebersihan udara. Daun-daunnya yang lebat, efektif menjadi penyaring debu dari area sekitar rumah sehingga udara yang diterima menjadi bersih. Okisgen yang dihasilkannya pun menyehatkan tubuh kita. Belum lagi jika pohon tersebut berbuah, akan sangat mengasyikkan duduk di bawahnya sambil menikmati buahnya. Namun, pilih pohon ynag tidak menggugurkan daun pada waktu tertentu, seperti flamboyan, karena akan mengotori halaman dan perlu kerja ekstra untuk membersihkannya.

Jenis Pohon
Ada kekurangan dan kelebihan jika kita memiliki pohon besar di halaman rumah. Kelebihannya, dapat memberikan keteduhan dan kesejukan di sekitar rumah karena radiasi matahari akan tertahan oleh tajuk pohon. Pun, pohon tersebut akan menyaring udara, terbukti dari debu yang menempek di daun-daun pohon, sehingga udara yang masuk ke dalam rumah menjadi bersih. Sedangkan kekurangan mempunyai pohon besar di halaman rumah, tidak memungkinkannya rumput tumbuh subur. Karena itu sebaikya permukaan tanah di bawah tajuk pohon ditanami jenis tanaman penutup tanah (ground cover)  yang cocok tumbuh di tempat teduh.
Jenis pohon yang sesuai ditanam di halaman rumah, bisa jenis pohon berbuah, berbunga, berdaun, atau berstruktur indah. Pohon buah sebaiknya memilki struktur tajuk (bagian pohon berbentuk seperti payung, berada di atas batang) yang estesis dan tidak terlalu besar buahnya sehingga tidak membahayakan saat jatuh dari pohon. Misal, jambu air, jambu biji, kelengkeng, belimbing dan mangga. Pohon berbunga indah pun ada yang memiliki struktur tajuk estetis, seperti kamboja, tabebuya, jati mas dan callistemon. Pilihan lain, pohon berdaun dan berstruktur indah seperti kayu putih. Kol belanda, kurma, dan palem bismarckia.

Penempatan
Setelah menemukan jenis pohon yang sesuai, perhatikan penempatannya. Selain harus disesuaikan antara diameter pohon dengan luas lahan, posisi tanam pohon dengan luas lahan, posisi tanam pohon jangan terlalu dekat dengan struktur bangunan atau struktur kolam karena ada kemungkinan akar pohon akan mendorong struktur konstruksi bangunan. Diameter tajuk dapat menjadi indikator lebar penyabaran akar pohon. Untuk menjaga pertumbuhan akar agar tidak terlalu melebar, lakukan pemangkasan/trimming percabangan secara berkala. Pemangkasan juga diperlukan untu membentuk tajuk lebih estesis.
Penempatan jenis tanaman pohon harus benar-benar disesuaikan dengan ukuran luasa taman, baik halaman depan, samping atau belakang. Yang penting, sesuai dengan penataan taman secara keseluruhan. Bila luas halaman terbatas jangan dipaksakan menanam pohon.
Ingin memilki pohon untuk meneduhkan dan menyaring udara, namun terbentur halaman yang tidak terlalu luas. Tabulampot (tanaman buah dalam pot), solusinya. Tabulampot juga dapat menhadi unsur penataan taman, baik di halaman depan, samping, atau belakang rumah. Gunakan pot yang memilki desain bagus sehingga menambah nilai estesis taman. Lakukan langkah perawatan yang paling dasar agar tanam tidak tumbuh terlalu besar dan dapat menghasilkan buah yang optimal.

Untuk melihat tentang desain rumah interior atau eksterior, silahkan KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment