Saturday, February 26, 2011

Menyiasati Ruang Duduk yang Lapang dengan Partisi

Bila anda salah satu dari sedikit orang yang punya ruang duduk yang luas dan lapang, salah satu cara untuk membuat ruang tersebut tidak terasa begitu lapang adalah dengan memasang sekat atau partisi. Dengan ruangan yang cukup luas, apalagi konsepnya openplan, sebuah penyekat ruang yang besar dan menonjol diperlukan untuk membuat ruang terasa lebih intim dan hangat.


Karena tidak hanya berfungsi sebagai elemen pelengkap, partisi penyekat ini dapat dirancang secara istimewa dan multifungsi. Didesain built-in dan bersifat permanen, partisi dapat terdiri atas tiga elemen yang simetris. Yang pertama, kolom palsu di kiri dan kanan, rak pajang di sebelah, dan backdrop cokelat yang diletakkan di tengah.

Kolom palsu menjadi pembentuk sekat, menjulang hingga plafon, ditampilkan dalam perpaduan dua pelapis, yakni putih dan cokelat. Sedangkan rak pajang yang terletak disebelahnya dibagi menjadi enam rak sama besar, yang kemudian dibagi lagi menjadi dua bagian dengan bilah-bilah kayu vertikal. Tidak diletakkan dalam satu garis lurus, bilah-bilah kayu tersebut sengaja diletakkan berselang-seling. Finishing untuk keduanya pun berbeda. Rak buku dilapisi pelapis berwarna putih, sementara bilah kayunya dibuat dari kayu solid cokelat.

Bagian tengah partisi yang berupa backdrop didesain menyerupai kisi-kisi kayu selebar dua meter. Rak pajang yang terbuka dan backdrop kisi-kisi menciptakan bentuk penyekat yang tidak masif dan tetap senada dengan ruang di depannya.

Untuk melihat desain arsitektur lainnya, silahkan KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment